Senin, 09 Maret 2020

PENANGANAN TAMU CHECK-IN INDIVIDU/ Penanganan Check-in Tamu Individu

kamu merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah pesan hotel kamu memegang peranan paling penting dalam keberlangsungan usaha hotel, Karena untuk kamu tahulah maka Hotel itu ada. semakin banyak tamu yang datang untuk mengingat maka akan semakin banyak pemasukan keuangan yang diperoleh. Oleh karena itu seorang tamu banyak mengharapkan dan mendapatkan pelayanan yang profesional dan terbaik dari sebuah hotel. Setiap kamu ingin memperoleh sesuatu yang melebihi nilai yang diharapkannya dari harga yang mereka bayar. Untuk itu seorang resepsionis diharapkan yang memberikan kesan yang baik dan mampu memberikan pelayanan yang memuaskan bagi tamu hotel. Jangan sampai membuat kamu memiliki kesan bahwa harga yang mereka bayar tidak sepadan dengan pelayanan yang mereka peroleh.


Prosedur Penanganan Check-in Tamu Individu

Penanganan pertama ketika tamu datang sangatlah penting. keluarga padahal ini kamu akan memutuskan apakah dia akan mengendap atau tidak. Pesan yang kurang baik di awal akan berdampak pada hal yang kurang baik pula. Untuk itu pihak hotel biasanya memiliki beberapa prosedur dalam penanganan tamu yang akan datang.

1. Macam-Macam Tamu Hotel

Umumnya jenis-jenis tamu yang menginap di suatu Hotel dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

a. Domestic Tourist

domestic tourist merupakan wisatawan lokal atau daerah dimana dia tinggal atau menginap pada suatu Hotel misalnya pada waktu weekend, special function, dan atau untuk aktivitas lain.

b. FITs (free Independent travelers)

FITs merupakan wisatawan internasional yang melakukan perjalanan secara individual dan tidak terikat dalam suatu rombongan atau grup biasanya jenis tamu ini melakukan reservasi kamar secara langsung ke hotel dan umumnya hanya memesan kamar (room only).

c. GITs (Group Inclusive Tours)

GITs merupakan rombongan wisatawan yang melakukan perjalanan secara bersamaan dalam satu paket tour, biasanya kamu ini melakukan perjalanan dengan perantara travel agent.

d. SITs (Special Interest Tours)

SITs merupakan suatu rombongan yang berkunjung ke suatu tempat biasanya dengan tujuan khusus seperti mengunjungi Candi Borobudur dan lain sebagainya.

e. CIPs (Commercially Important Person)

CIPs merupakan para tamu atau X dalam suatu perusahaan besar yang selalu berpergian dan menginap di hotel merah putih biasanya reservasi kamar yang dilakukan oleh sekretaris atau asistennya.

f. SPATTs (Special Attention Guests)

SPATTs merupakan tamu-tamu yang membutuhkan perhatian lebih atau khusus seperti tamu yang sudah tinggal lama dalam sebuah hotel, tamu yang sakit, tamu yang sudah lanjut usia, tamu cacat, dan lain sebagainya.

g. VIPs (Very Important Persons)

VIPs merupakan tamu-tamu yang dianggap penting dalam sebuah hotel seperti selebritis rumah tamu yang menginap di kamar mahal cuma para pejabat pemerintah Mama pimpinan perusahaan langganan tetap dan lain sebagainya.

h. Regular Guest

Tamu ini biasanya menginap di sebuah hotel. Umumnya, tamu tersebut menginap pada sebuah hotel tanpa membuat reservasi terlebih dahulu . Regular Guest sering disebut dengan walking Guest.

Walaupun ada perbedaan istilah jenis kamu, seperti yang diuraikan di atas, bukan berarti untuk membedakan perlakuan dalam melayani tamu. Setiap tamu yang datang untuk Check In ke hotel layak untuk mendapatkan pelayanan prima oleh pihak hotel. Setiap Tamu adalah istimewa (every guest is spesial one).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Pengajaran remedial Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian Pengajaran remedial  adalah...