AKTIVITAS FRONT OFFICE
Materi ini mempelajari mengenai segala hal tentang front office. Materi
pada bab ini akan menambah wawasan siswa mengenai cara membuat laporan front
office dan catatannya.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu memahami hal
berikut :
1.
Memahami
jenis-jenis front office
2.
Memahami
catatan dan laporan front office
3.
Membuat
laporan dan catatan front office
Front office merupakan bagian dalam struktur kerja hotel yang
bertanggung jawab atas proses check-in dan check-out tamu. Dalam melaksanakann
fungsi organisasi, front office department (department kantor depan) dipimpin
oleh front office manager (FOM).
A.
Menyiapkan
Catatan dan Laporan Front Office
Kantor depan atau front office merupakan cerminan dari kualitas hotel
secara keseluruhan. Hal ini merupakan kesan pertama yang didapatkan dari tamu
yang baru datang. Oleh karena itu, perlu adanya kesiapan, kesigapan dan
ketepatan dalam berbagai hal yang diperlukan tamu.
Nama Perusahaan : edotel SMKN 1 Pacet
Nama Laporan : Laporan Neraca Percobaan
Periode : Bulan 2 Tahun 2019
AKTIVA
AKTIVA LANCAR
KAS & BNK
01.1101 KAS 0.00 0.00
01.1102 KAS FO 0.00 0.00
01.1103 BANK BNI 0.00 0.00
01.1104 BANK BRI 0.00 0.00
01.1105 CHEQUE (BG) 0.00 0.00
TOTAL KAS & BANK
PIUTANG
01.1201 TAGIHAN KAMAR 0.00 0.00
01.1202 PIUTANG TRAVEL AGENT 0.00 0.00
01.1203 PIUTANG INSTANSI 0.00 0.00
01.1204 CREDIT CARD 0.00 0.00
01.1205 UANG MUKA PEMBELIAN 0.00 0.00
01.1206 PIUTANG LAIN-LAIN 0.00 0.00
|
Contoh Laporan Front Office
1.
Jenis-jenis
formulir front office
Bentuk
formulir front office setiap hotel memiliki bentuk yang bermacam-macam, hal ini
tidak ada masalah, yang terpenting memiliki fungsi yang sama. Penggunaan
formulir tergantung pada kebutuhan masing-masing hotel. Beberapa jenis formulir
yang digunakan pada front office adalah sebagai berikut :
Registration form atau registration card merupakan
kartu formulir pendaftaran yang digunakan untuk mencatat informasi tentang data
diri tamu yang menginap pada saat kedatangan. Bentuk form registasi atau
registration card bermacam-macam pada setiap hotel. Beberapa informasi yang
terdapat pada registration card atau formulir, anatara lain sebagai berikut :
1)
Arrival date;
merupakan tanggal kedatangan menurut catatan reservasi atau tanggal pada saat
tamu tiba.
2)
Departure
date; merupakan tanggal keberangkatan tamu.
3)
Number of
room; merupakan jumlah kamar yang digunakan oleh tamu.
4)
Room type;
merupakan jenis kamar yang digunakan oleh tamu.
5)
Daily rate;
merupakan tarif harga yang berlaku ketika tamu melakukan check-in.
6)
Family/last/surname;
merupakan nama belakang tamu/nama keluarga/marga tamu.
7)
First name;
merupakan nama depan tamu.
8)
Advance
deposit; merupakan uang muka ketika tamu tiba dan melakukan transaksi check-in.
9)
Folio number;
merupakan nomor seri dari kartu registrasi.
10) Company name; merupakan nama perusahaan. Perusahaan
yang dimaksud adalah perusahaan yang menanggung seluruh pembiayaan selama tamu
menginap.
11) Address; merupakan alamat dari tamu. Apabila tamu
menginap dengan biaya sendiri maka alamat yang tercantum adalah alamat tamu
sendiri, sedangkan apabila tamu menginap dengan biaya perusahaan maka alamat
yang tercantum adalah alamat perusahaan.
12) Date of birth; merupakan tanggal lahir tamu yang
menginap, hal ini penting guna memberikan pelayanan yang terbaik, misalnya pada
saat tamu ulang tahun, mereka tinggal dihotel maka hotel dapat memberikan kado
ulang tahun buat tamu.
13) Passport/card number; merupakan nomor paspor atau
kartu identitas tamu, untuk tamu asing maka sebagai kartu identitasnya
menggunakan paspor, sedang tamu domestic, kartu identiasnya menggunakan KTP/SIM.
14) Nationality; merupakan kebangsaan tamu.
15) Place and date of issue; merupakan tempat dan tanggal
dikeluarkannya kartu identitas milik tamu.
16) Form of settlement; merupakan jenis pembayaran yang
dilakukan oleh tamu. Berdasarkan jenis pembayaran, maka pembayaran dapat
dilakukan sebagai berikut :
a)
Cash;
merupakan pembayaran yang dilakukan oleh tamu secara tunai.
b)
Credit card;
merupakan pembayaran yang dilakukan oleh tamu untuk menulis jenis kartu kredit,
nomor seri kartu kredit, tanggal dikeluarkan, dan tanggal berakhirnya kartu
kredit.
c)
Voucher;
merupakan pembayaran yang dilakukan oleh tamu dengan menggunakan voucher yang
dikeluarkan oleh agen perjalanan.
d)
Other;
merupakan pembayaran yang dilakukan oleh tamu dimana ada pihak ketiga yang
pembayarannya, misalnya menggunakan
17) Guest
signature; merupakan tanda tangan tamu. Hal ini penting untuk memastikan bahwa
tamu telah membaca dengan detil dan telah menandatangani formulir pendaftaran. Tanda
tangan tamu adalah catatan vital untuk hotel sebab tanda tangan ini dapat
dipergunakan sebagai Salinan untuk pembayaran tamu.
18) Reception clerk signature; merupakan tanda tangan dari
pihak resepsionis atau petugas hotel pada formulir pendaftaran.
19) Supervisor/FOM verivid; merupakan tanda tangan
supervisor atau FOM untuk diferifikasi.
Kartu Tamu dikeluarkan oleh penerima tamu untuk
diberikan kepada tamu yang menginap sebagai bukti bahwa dia menginap di hotel.
Guest card diberikan kepada tamu setelah kartu pendaftaran lengkap terisi.
Informasi yang terdapat pada guest card dijelaskan kepada tamu untuk memastikan
kembali bahwa pesannya sesuai dengan yang diharapkan tamu.
Informasi yang terdapat pada guest card adalah sebagai
berikut :
1)
Name; adalah
nama tamu yang menginap
2)
Room number;
yakni nomor kamar tamu.
3)
Room rate;
yaitu harga kamar tamu per malam
4)
Arrival date;
yaitu tanggal kedatangan tamu
5)
Departure
date; yaitu tanggal keberangkatan tamu
6)
Signature;
yaitu tanda tangan tamu
Kegunaan dari
guest card adalah :
1)
Sebagai
identitas bagi tamu bahwa nama yang tercantum adalah tamu hotel, sehingga dapat
menggunakan fasilitas yang tersedia di hotel.
2)
Jika hotel
masih menggunakan kunci kamar konvensional, guest card digunakan untuk
mengambil kunci kamar yang dititipkan.
3)
Untuk
mengkonfirmasi transaksi pembayaran secara kredit pada kasir outlet yang
terdapat di dalam hotel.
Meal coupon merupakan kartu yang berfungsi untuk tamu
supaya dapat melakukan kegiatan sarapan, namun tergantung jika hotel
memberlakukan kebijakan harga kamar termasuk dengan makan pagi atau tidaknya.
Kartu minuman selamat datang diberikan bersamaan
dengan penyerahan guest card. Saat menyerahkan kartu ini, petugas menyerahkan kartu
ini, petugas menjelaskan cara penukaran dan bar, restoran atau café shop yang
menyediakan pelayanan ini. Cara penyuguhannya tergantung pada aturan
masing-masing hotel. Pada beberapa hotel, wlcome drink ini disajikam pada saat
tamu melakukan pengisian kartu pendafaran.
Guest slip merupakan slip yang berisi tentang
identitas tamu beserta nomor kamar.
Cash receipt merupakan buku yang dipakai untuk
mencatat semua transaksi yang meliputi penerimaan kas.
Reservation form merupakan formulir yang berfungsi
untuk mencatat data yang dibutuhkan dari tamu terkait penerimaan kamar.
h.
Reservation
Slip
Reservation slip merupakan bentuk mini dari
reservation form yang selanjutnya akan disimpan pada reservation rack. Untuk
memudahkan tamu, reservation slip di bedakan menjadi 4 warna, yaitu :
1)
Warna putih
ditujukan untuk tamu biasa.
2)
Warna merah
ditujukan untuk tamu VIP.
3)
Warna hijau
ditujukan untuk tamu yang pesanannya melalui travel agent.
4)
Warna biru
ditujukan untuk tamu yang kedatangannya secara kelompok atau rombongan.
i.
Reservation
of Confirmation Letter
Surat konfirmasi pesanan (reservation confirmation
letter) bisa berupa formulir cetakan dan ada juga yang diketik pada komputer
dan kemudian dicetak untuk kemudian dikirim kepada tamu yang memesan kamar.
j.
Bellboy
Errand Card
Bellboy Errand Card merupakan kartu yang digunakan
oleh bellboy untuk mencatat segala kegiatan yang berhubungan dengan penanganan
barang tamu tiba, pindah kamar atau berangkat. Setelah kartu ini diisi, akan
segera diberikan oleh bell captain yang selanjutnya akan dimasukan kedalam
bellboy control sheet.
k.
Luggage Tag
Luggage Tag merupakan tanda barang yang diletakkan
pada barang bawaan tamu yang datang ke hotel untuk menghadiri tertukarnya
barang.
l.
Baggage Claim
Check
Baggage claim check merupakan kartu tanda bukti penitipan
barang bawaan tamu untuk sementara waktu yang disimpan digudang penitipan
barang (luggage store)
m.
Parking Valet
Card
Kartu ini terdiri atas dua bagian, sau bagian akan
diberikan kepada tamu dan satu bagian lagi digantungkan dikunci mobil tamu.
Berfungsi untuk memudahkan pengambilan/pencarian kunci mobil.
n.
Change Room
or Rate Form
Form yang digunakan jika tamu menginginkan perpindahan
kamar. Keinginan perpindahan kamar biasanya dikarenakan AC kamar sebelumnya
kurang dingin, ingin pindah ke tipe kamar yang lebih bagus, dan lain-lainnya.
Formulir ini terdiri dari tiga lembar formulir yaitu :
-
Warna putih;
diletakkan di arsip/registrasi formulir tamu
-
Warna hijau;
diletakkan di pigeon hole department enginerring dan housekeeping.
o.
Sleep Out
Form
Formulir ini merupakan jenis formulir yang diberikan
kepada tamu yang menginap di hotel, tetapi pada waktu tertentu tidak tinggal di
dalam kamarnya, tetapi barang bawaannya tetap berada di kamar. Penanganan yang
dilakukan oleh resepsionis adalah sebagai berikut :
-
Menanyakan
lamanya sleep out.
-
Menawarkan
apakah kamarnya di double lock atau tidak.
-
Melapor
kepada atasan.
-
Mengisi
formulir sleep out.
p.
Miscellaneous
Form
Formulir yang digunakan untuk penukaran mata uang
asing (digunakan juga untuk semua pembayaran yang tidak menggunakan nomor
bill).
q.
Paid Out
Form.
Formulir ini merupakan formulir yang digunakan untuk
tamu yang meminjam uang kepada hotel (khusus untuk tamu yang menginap di hotel
saja).
r.
Rebate Form
Formulir ini digunakan pada saat terjadinya
kesalahan/perubahan dalam tagihan.
s.
Bellboy
Control Sheet
Formulir ini merupakan lembar atau fomulir pengawasan yang
digunakan oleh bell captain untuk mencatat kegiatan bellboy selama penanganan
barang tamu tiba, pindah kamar atau berangkat. Formulir ini diisi berdasarkan
data dari bellboy errand card.
t.
Message Form
Formulir ini digunakan untuk mencatat setiap pesan
tamu.
u.
Safe Deposit
Box Card
Layanan safe deposit box adalah jasa penyewaan kotak
penyimpanan harta atau surat-surat berharga yang dirancang secara khusus dari
bahan baja dan ditempatkan dalam ruang khasanah yang kokoh, tahan bongkar dan
tahan api untuk memberikan rasa aman bagi penggunanya.
v.
Guest History
Card
Formulir ini merupakan catatan riwayat tamu hotel yang
telah menginap di hotel tersebut dan digunakan untuk keperluan statistic.
w.
Foreign
Exchange Form
Formulir ini merupakan suatu formulir yang digunakan
apabila tamu menggunakan mata uang asing sebagai alat pembayarannya.
x.
VIP Daily
List
Formulir ini merupakan data tamu-tamu khusus VIP (very
importance person).
y.
Today
Expected Arrival List
Formulir ini merupakan daftar yang menyajikan
informasi tentang tamu-tamu yang diharapkan tiba pada hari tertentu. Dengan
adanya formulir ini petugas penerima tamu akan mempersiapkan kamar-kamar untuk
tamu yang memiliki reservasi dan diharapkan tiba pada hari itu serta
nomor-nomor kamar yang dapat dijual untuk tamu tanpa reservasi (walk in guest).
z.
Arrival List
Arrival list merupakan daftar tamu.
aa. Guest in House List
Guest in house list merupakan daftar sejenis
akomodasi, baik milik perorangan maupun perusahaan yang diperuntukkan untuk
tamu yang akan menginap, dan biasanya memiliki seorang penjaga rumah khusus
untuk tamu tersebut.
bb. Departure List
Departure list merupakan daftar keberangkatan tamu.
cc.
No Show List
No Show List merupakan tamu yang sudah melakukan
pemesanan kamar/reservasi, tetapi tidak datang pada waktu yang telah
ditentukan.
dd. Cencellation List
Cencellation List merupakan daftar pembatalan
reservasi bisa disebabkan karena adanya perubahan jadwal.
ee. Group Rooming List
Group Rooming List merupakan daftar jumlah kamar yang
akan digunakan oleh suatu grup yang akan nginap di suatu hotel.
ff.
Courtesy Call
List
Courtesy Call List merupakan suatu cara dalam
berkomunikasi melalui media telepon yang dilakukan dengan tata cara yang benar
dan tepat (appropriate manner).
gg. Onward Reservation Form (for hotel chain)
Onward Reservation Form merupakan formulir pemesanan
kamar.
hh. Incognito/full Incognito Forms
Incognito adalah tamu yang menginap di hotel yang
keberadaannya ingin dirahasiakan, hal ini merupakan keinginan dari tamu itu
sendiri.
ii.
Fruit/Flower
Requisition Form
Fruit/Flower Requisition Form merupakan formulir
reques atau keinginan tamu akan permintaan tamu akan permintaan bunga atau
buah-buahan untuk ditempatkan dikamarnya. Hal ini berarti housekeeper harus
segera menyiapkan rangkaian buah dan bunga di kamar tamu penting sebelum tamu
tiba di kamarnya.
jj.
Guest
Birthday Form
Guest Birthday Form merupakan salah satu fasilitas
hotel apabila tamu ingin merayakan ulang tahun di hotel.
kk.
Towel Form
(for swimming fool)
Towel form merupakan fasilitas hotel untuk meminta
handuk pada saat tamu ingin berenang.
ll.
Taxi Card
Taxi card merupakan kartu yang dapat digunakan
untuk menggunakan transportasi umum yaitu taksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar