Prosedur pelayanan koper barang yang berpindah sebagai berikut :
—Berdasrkan permintaan resepsionis, bellboy membawa catatan dari resepsionis
—Bellboy pergi ke kamar tamu dengan membawa kunci kamar baru dan kartu tamu yang baru
—Bellboy mengetuk pintu kamar tamu dan mengucapkan salam
—Menyampaikan kunci kamar dan kartu kamar yang baru
—Setelah koper dan barang tamu di kamar siap, maka bellboy mengambil semua koper dan barang bawaan tamu, sebelum meninggalkan kamar tamu dipersilahkan mengecek kembali barang bawaan nya
—Meninggalkan kamar yang lama dan membawa kunci kamar yang tidak dipakai
—Bellboy mengantar tamu kekamar yang baru dan memasukan barang bawan tamu
—Bellboy melapor bahwa proses pindah kamar pindah kamar telah selesai dan mengembalikan kunci kamar yang lama
b. Pelayanan penitipan Barang di Porter Room
Prosedur penitipan barang di porter room sebagai berikut :
1. Titipan sementara
—Semua macam barang dan jumlah dicatat pada buku titipan sementara
—Mengisi kartu temporary baggage tag dengan lengkap meliputi :
◦Nomor kamar
◦Nama tamu
◦Macam dan jumlah barang
◦Tanggal dan jam pengambilan
◦Potongan kartu temporary baggage tag diberikan kepada tamu sebagai bukti penitipan dan pengambilan barang tersebut. Potongan berikutnya dipasang atau digantung. Kalau barang lebih dari satu dibuatkan baggage tag lagi
2. Titipan barang lebih dari 24 jam
Prosedur penitipan nya sebagai berikut :
—Semua macam dan jumlah bawaan tamu dicatat dalam baggage keeping receipt meliputi
◦Nomor kamar
◦Nama tamu
◦Macam dan jumlah barang
◦Tanggal penyimpanan dan pengambilan
◦Tanda tangan tamu dan petugas
—Tamu di berikan baggage keeping receipt
yang asli, yang copy ditempel atau digantung pada barang bawaan tamu, apabila barang yang dititip lebih dari satu maka harus dibuatkan baggage tag
Tidak ada komentar:
Posting Komentar